Melangkah Dengan Pasti Menuju Pencairan Dana Desa Tahun 2014

Pulosari, 10 Januari 2024

Pemerintah Desa Pulosari melasanakan tahapan pencairan Dana Desa (DD) tahun 2024 dengan telah melakuna penata usahaan Capaian out put Dana Desa tahun 2023 telah berhasil dilampaui. Capaian ini menunjukkan komitmen dan kinerja yang positif dari Pemerintah Desa dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) serta program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Pada tahun 2023, Pemerintah Desa Pulosari berhasil mencapai sejumlah prestasi yang patut diapresiasi, seperti implementasi Peraturan Desa (Perdes) terkait penerimaan BLT DD. Perkades ini menjadi landasan hukum yang mendasari distribusi dana bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, meningkatkan kesejahteraan di tingkat desa.

Adapun beberapa pencapaian dan keberhasilan yang dicapai Pemerintah Desa Pulosari:

  1. APBDes 2024: Pencapaian dalam penyusunan APBDes 2024 menjadi cerminan keterbukaan dan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan. Pemerintah Desa dengan cermat mengalokasikan dana untuk proyek-proyek yang mendukung pembangunan desa secara menyeluruh.
  2. BLT DD: Penerimaan BLT DD telah diatur melalui Perkades, memberikan landasan hukum yang kuat untuk mendistribusikan bantuan kepada warga yang memenuhi kriteria. Langkah ini merupakan wujud nyata kepedulian Pemerintah Desa terhadap kesejahteraan masyarakatnya, terutama dalam menghadapi tantangan ekonomi.
  3. Laporan Setunting dan Capaian Output DD 2023: Pemerintah Desa Pulosari juga berhasil menyelesaikan laporan setunting dan capaian output Dana Desa tahun 2023. Transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana desa menjadi prioritas, dan laporan ini menjadi bukti komitmen untuk melibatkan masyarakat dalam pengawasan dan evaluasi.

Pemerintah Desa Pulosari mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung dan berpartisipasi aktif dalam setiap program pembangunan desa. Keterlibatan masyarakat adalah kunci kesuksesan dalam mewujudkan desa yang mandiri, berdaya, dan sejahtera.

PENETAPAN KPM BLT DANA DESA TAHUN 2024 MELALUI HASIL ANALISIS KEMISKINAN PARTISIPATIF

29 Desember 2023 РPemerintah DesaPulosari  mengumumkan penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun 2024. Penetapan ini didasarkan pada hasil analisis kemiskinan partisipatif yang dilakukan melalui sistem informasi desa. Saat ini, terdapat sebanyak 41 keluarga yang terpilih sebagai penerima manfaat BLT Dana Desa.

Latar Belakang: Pemerintah Desa Pulosari mengimplementasikan pendekatan partisipatif dalam menilai tingkat kemiskinan di antara penduduk desa. Melalui sistem informasi desa, data dan masukan dari masyarakat setempat dikumpulkan untuk menilai kebutuhan dan prioritas. Proses analisis kemiskinan partisipatif ini memastikan bahwa bantuan disalurkan dengan tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat.

Hasil Analisis: Berdasarkan hasil analisis kemiskinan partisipatif, sebanyak 41 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah ditetapkan sebagai penerima BLT Dana Desa Tahun 2024. Keputusan ini didasarkan pada kriteria yang mencakup kondisi ekonomi, kesehatan, dan pendidikan masing-masing keluarga. Pemilihan dilakukan secara objektif untuk memastikan bantuan tersebut diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Langkah Selanjutnya: Penerima manfaat BLT Dana Desa Tahun 2024 diharapkan untuk segera melengkapi persyaratan administratif yang dibutuhkan agar penyaluran dana dapat dilakukan dengan lancar. Informasi lebih lanjut mengenai tahapan ini akan diumumkan secara terpisah.

Apresiasi dan Harapan: Pemerintah Desa Pulosari mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat desa yang telah berpartisipasi aktif dalam proses analisis kemiskinan. Semangat gotong royong dan kepedulian bersama merupakan landasan kuat dalam membangun kesejahteraan bersama.

Kami berharap bahwa bantuan ini dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di desa kita.

Demikian rilis berita ini kami sampaikan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama semua pihak.

Sejumlah 168 KK Pembagian BLT DD Ke Warga Pulosari Berjalan Lancar

Pada tanggal 20 Mei 2020, acara penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap pertama di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang berjalan dengan aman dan tertib. Sebanyak 168 warga desa Pulosari menerima manfaat dari program ini.

Kegiatan pembagian BLT DD dilaksanakan di balai desa dengan melakukan klasterisasi pada tiga dusun. Kepala Desa Pulosari, Nefi Ufus Solikah, memberikan himbauan kepada penerima bantuan untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Beliau menekankan agar bantuan tersebut digunakan dengan bijak, terutama untuk keperluan sehari-hari, khususnya kebutuhan sembako.

Pada acara tersebut, turut hadir beberapa pejabat dan perwakilan, antara lain Camat Bareng, Kapolsek Bareng, Bhabinkamtibmas Polsek Bareng, Babinsa, BPD, Kadus, RT, dan perangkat desa lainnya. Kepala desa juga menyampaikan pesan agar masyarakat memanfaatkan BLT DD dengan bijak dan bertanggung jawab.

Untuk memudahkan pengawasan dan transparansi dalam penyaluran bantuan, Pemerintah Desa Pulosari melakukan langkah strategis dengan memberikan label stiker pada setiap rumah penerima KPM BLT DD. Tindakan ini diambil sebagai upaya untuk membedakan bantuan tersebut, mengingat BLT DD bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan korelasi bersama dalam memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran dan dapat memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat setempat.