Review Lenovo Ideapad 120s-6ID

Sebelumnya saya sudah cerita tentang pengalaman pertama saya berbelanja di JD.ID, nah kali ini saya ingin mereview kecil-kecilan tentang laptop yang saya pesan di JD.ID ini. Merek dan tipe dari laptop ini adalah Lenovo Ideapad 120s-6ID dengan RAM 4 GB serta penyimpanan sebesar 120 GB SSD. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat spesifikasi lengkapnya, yaitu:

- Color: Mineral Grey
- Processor: Intel Celeron Processor N3350 (2M Cache, up to 2.4 GHz)
- Display: 14.0" HD (1366 x 768)
- Memory: 4GB LPDDR4 2400 On Board
- Storage: 128GB M2 SATA SSD
- Operating System: Windows 10 Home
- Graphics: Integrated Intel Graphics
- Audio: 2 x 1 W Speakers
- Webcam: 720P / with Single Microphone
- Bluetooth: WiFi 802.11 a/c, Bluetooth 4.0
- Connectors: 2 x USB 3.0, 1 x Type-C 3.0,HDMI-out, micro SDCard Reader, Audio Combo Jack, always on charging
- Battery: Up to 8 hours' with standard battery
- Dimensions (W x D x H): 334 x 235 x 18.6 mm
- Weight: Starting at 1.44 kg
- Garansi Resmi 1 Tahun PT Lenovo Indonesia

Saya tertarik membeli laptop ini karena murah hehehe, saya hanya perlu spesifikasi laptop yang nyaman untuk digunakan ngetik alias untuk mendukung pekerjaan kantor saya yang lebih banyak menggunakan aplikasi office. Sehingga ketika ada promo yang menarik di JD.ID tanpa pikir panjang saya langsung putuskan untuk mengordernya.

Processor dari laptop ini adalah Celeron N3350 (2M Cache, up to 2.4 Ghz) dengan RAM sebesar 4 GB. Namun hal menarik yang saya sukai dari laptop ini adalah Storage-nya sudah SSD dengan kapasitas 120 GB yang kita ketahui bersama kenceng banget, walaupun kapasitasnya gak terlalu besar namun karena kenceng maka saya merasa sudah sangat cukup untuk pekerjaan kantor saya.

Menariknya lagi, laptop ini sudah dibekali dengan OS Windows 10 Home original alias asli, sehingga kita gak kuatir dengan kinerja dari OS yang ada di dalam laptop ini. Selanjutnya biar semua yang terinstall di laptop ini halal maka saya beli lisensi paket Office 365 nya yang asli juga, saya beli di Tokopedia dengan harga 65 ribu rupiah untuk username untuk paket langganannya.

Saya sudah menggunakan laptop ini 3 hari dan saya merasa nyaman dengan laptop ini, kecepatannya dan fiturnya membuat saya puas dan gak nyesel beli laptop ini. Walaupun spesifikasi Processor-nya kelas rendah, namun karena di dukung dengan Storage SSD dan dengan memori 4 GB laptop ini terasa sangat cepat digunakan.

Sekali charge pengalaman yang saya rasakan menunjukkan bahwa laptop ini bisa diajak bekerja hingga 6 jam padahal dengan body-nya yang tipis mirip macbuuk hehehe, gak nyangka juga bisa diajak kerja dalam waktu yang cukup lama, sementara waktu yang dibutuhkan untuk nge-charge  hanya dikisaran 1,5 jam saja.

Oh ya, kapasitas 120 GB dari storage-nya setalah digunakan untuk Windows dan Office dan sudah di update hanya tersisa sekitar 60 – 70 GB saja, jadi pandai-pandailah berhemat dan memanfaatkan sisa ruang semaksimal mungkin. Rencananya saya akan beli MicroSD untuk dipasangkan di laptop ini sebagai media backup penyimpanan saya selain Google Drive yang selama ini saya gunakan.

Jadi inti cerita, dengan harga Rp. 3.349.000,- saya puas dengan laptop ini, sudah dapet RAM 4 GB, media penyimpanannya sudah SSD, body-nya yang tipis dan seksi serta daya tahan powernya yang mencapai 6 jam membuat saya betah menggunakan laptop ini. Oh ya, saya juga nguji kecepatan booting dari laptop ini dan saya mendapatkan angka 20 – 30 detik, kenceng kan hehehe

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *