Pengalaman Kliring BNI ke BTPN

  • November 1, 2018
  • Kurnia Ramadhan
  • blog

Gak terasa udah berbulan-bulan saya gak nulis apa-apa di blog ini. Rasa malas muncul lagi sehingga jangankan nulis, berkunjung ke blog ini aja nggak hehehe.

Nah kali ini saya ingin berbagi pengalaman memanfaatkan fitur kliring untuk mentransfer sejumlah uang dari satu bank ke bank lainnya. Dari yang saya baca, ada tiga fitur transaksi transfer dari sebuah bank, ada yang namanya RTGS, Kliring, dan Transfer Online. RTGS untuk transfer di atas 100 jt, Kliring untuk transfer di bawah 100 jt (nggak realtime), dan Transfer Online (Realtime) tapi ada batasan jumlah yang di transfer (Biasanya sih di bawah 25 jt).

Karena kali ini saya perlu mentransfer uang dengan jumlah di atas limit Transfer Online tapi di bawah batas minimal RTGS, maka saya menggunakan fitur Kliring biar ongkosnya ringan dan sekali transfer saja.

Dulu sih biasanya Kliring membutuhkan waktu 2 - 3 hari kerja baru masuk dananya di rekening tujuan, Alhamdulilah sekarang beda, sesuai dengan artikel yang pernah saya baca bahwa saat ini proses Kliring berlangsung cukup cepat karena sehari ada 4 kali proses kliring dari BI, jam 10, jam 12, jam 14 dan jam 16. Nah tadi pagi sekitar jam 7 pagi saya melakukan proses transfer Kliring menggunakan Mobile Banking BNI dengan tujuan rekening saya di Jenius BTPN.

Dan benar saja, tepat jam 10 pagi di hari yang sama saya cek saldo di rekening tujuan dan Alhamdulillah sudah masuk, berarti informasi tentang cepatnya proses Kliring benar adanya. Jadi untuk teman-teman yang mau mencoba transfer dalam jumlah cukup besar dengan Kliring gak usah kuatir, karena saat ini prose Kliring sangat cepat, yang penting di jam kerja, dan sebisa mungkin lakukan di pagi hari atau sebelum jam-jam Kliring di kirim seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya.