Olahraga Atau Latihan

  • August 4, 2018
  • Kurnia Ramadhan
  • blog

Tidak terasa 2.5 tahun sudah saya serius berolahraga sepeda, masih teringat saat-saat merakit dengan serius sepeda pertama saya berupa sepeda dengan jenis MTB. Karena asyik saya pun merakit kembali sepeda dengan jenis Road Bike.

Dan ternyata sepedahan itu memang asyik, dari standar kecepatan di bawah 30 km/jam, hingga saat ini tahan muter-muter bersama komunitas di kecepatan 40 - 45 km/jam. Jarak tempuh yang saya bukukan semakin jauh, mulai dari perdana 20 km, hingga yang terjauh 180 km non stop seharian. Sekarang jarak 100 km terasa cukup dekat karena biasanya kami komunitas sepeda di Pontianak bisa menempuh 100 km itu dengan waktu kurang lebih 3 jam.

Sempet juga ngobrol dengan mantan atlit saat sepedahan yang berkata “Dengan kecepatan segini, bapak-bapak mah bukan lagi olahraga tapi latihan seperti kami” bagaimana tidak, latihan saja kami sudah berada di kecepatan 35 km/jam bahkan lebih. Alhamdulillah, masih diberikan kesehatan dan kekuatan oleh Allah SWT sehingga bisa seperti sekarang ini.

Tujuan utama kami adalah mencari kesehatan dan kebugaran, kecepatan adalah bonus dari rutinitas latihan yang kami jalankan. Pengennya sih sampai tua nanti masih tetap rutin sepedahan dengan badan yang tetap sehat dan segar.

Mmm, tidur dulu ah, besok soalnya mau tour sop tulang dengan jarak kurang lebih 140 km… Mudah-mudahan besok bangun tidur badan segar lagi, soalnya hari ini capek banget, pagi latihan sepeda dengan jarak 70 km dengan kecepatan rata-rata di atas 35 km/jam, dan sorenya nemenin anak berenang walhasil malam ini terasa ngantuk banget.