Konsultasi RUED di DEN Jakarta

  • July 4, 2018
  • Kurnia Ramadhan
  • blog

Jakarta - saya datang hehehe. Tugas negara membuat saya berangkat pagi-pagi menggunakan pesawat dengan jadwal ketiga dari salah satu maskapai. Ada delay karena faktor cuaca (katanya sih) sehingga yang seharusnya berangkat jam 7.40 WIB mundur menjadi jam 8.15 WIB. Yah memang sih dalam perjalanan ada beberapa kali terjadi goncangan yang cukup membuat deg-degan hehehe.

DEN Jakarta

Menjelang tiba di Jakarta, pilot menyambaikan bahwa pesawat menunggu antrian untuk mendarat kurang lebih 30 menit lamanya. Jadi kami harus muter-muter di langit Jakarta sampai akhirnya bisa mendarat di bandara Soekarno Hatta. Alhamdulillah tiba dengan selamat di Jakarta.

Langsung menuju DEN - Dewan Energi Nasional dalam rangka konsultasi masalah RUED (Rencana Umum Energi Daerah) bersama teman-teman di DEN Jakarta. Alhamdulillah ketemu dengan orang-orang baik, ngobrol sebentar, sholat dan langsung makan siang bersama di ruang rapat DEN Jakarta.

Diskusi pun dimulai, mulai dengan penyampaian masalah-masalah dalam penyusunan RUED yang selama ini dialami daerah, penjelasan tentang metode ngoprek data agar bisa dijadikan bahan dasar input data di dalam aplikasi pemodelan LEAP yang dipakai dalam menyusun perencanaan.

Seru, ngantuk pun hilang, dan sakit kepala pun muncul hehehe. Ternyata memang penyusunan *RUED itu memang membutuhkan semangat yang sangat tinggi, waktu dan kesabaran untuk ngoprek data hingga diharapkan dihasilkan suatu pemodelan energi sesuai yang diharapkan.

Tanya-jawabnya pun tak kalah seru, njelimet sampai kami yang nanya pun bingun sendiri dengan pertanyaan yang kami tanyakan wkwkwk.

Dan gak terasa jam sudah menunjukkan pukul 4.00 WIB, jadwalnya untuk segera ke hotel untuk istirahat ditambah lagi kepala yang memang sudah pusing karena kepenuhan informasi yang kami dapatkan dari Bapak-bapak yang baik hati dari DEN Jakarta. Semoga ilmunya bermanfaat dan bisa kami terapkan dalam penyusunan RUED untuk Provinsi Kalimantan Barat.

Kami pun terjebak macet saat menuju hotel tempat kami menginap malam ini, dan saat ini, perut sudah kenyang, mata sedikit ngantuk, dan saya sempatkan untuk menulis artikel di Jekyll sebelum saya tidur. Alhamdulillah sudah diberikan banyak kemudahan oleh Allah SWT…