Caddy dan Hugo di Google Cloud

  • July 19, 2018
  • Kurnia Ramadhan
  • linux

Siang tadi saya iseng nyobain lagi Google Cloud. Setahun yang lalu saya sempat memanfaatkan jatah free trial nya yang berjumlah $300 itu. Saya nggak menggunakan lagi karena harganya relatif agak mahal dan gak sesuai dengan kantong saya hehehe. Tapi ada satu hal yang menarik dari Google Cloud menurut saya, yaitu fitur Always Free dengan fasilitas yang bisa kita dapatkan sebagai berikut:

  • 1 f1-micro instance per month (US regions only - Excluding Northern Virginia)
  • 30 GB-months HDD, 5 GB-months snapshot
  • 1 GB network egress from North America to all region destinations per month (excluding China and Australia)

Sehingga, jika kita membuat instance di google compute engine dengan jenis pilihan sesuai dengan poin-poin di atas maka kita bisa menikmati Google Cloud ini dengan gratis.

Karena saat ini saya sedang keranjingan bikin blog dengan file statik biasa, saya rasa fitur gratisan dari Google sudah cukup memadai, sehingga saya segera membuat instance dengan OS Ubuntu 18.04 LTS untuk kemudian saya install dengan Caddy Web Server dan Hugo

Mengenai cara install Caddy Web Server sudah saya tulis di artikel sebelumnya dengan judul: Caddy Web Server, PHP dan MySQL di Ubuntu hanya saja, di artikel kali ini kita cukup install Caddy Web Server saja tanpa perlu menginstall PHP dan MySQL, jadi server kita kali ini murni hanya terinstall Caddy Web Server saja. Langkah-langkahnya silahkan ikuti tutorial tersebut di atas ya.

Karena kali ini kita akan menyandingkan Caddy Web Server dengan Hugo, maka langkah pertama yang agak sedikit berubah adalah plugin pendukung yang mesti kita tambahkan ke Caddy Web Server. Cara menambahkan dan menginstallnya cukup mudah, seperti langkah-langkah berikut ini:

wget https://getcaddy.com -O getcaddy
chmod +x getcaddy

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan run terhadap script yang baru saja kita download, dengan cara:

sudo ./getcaddy personal http.ipfilter,http.ratelimit,http.hugo

Nah, ada tambahan plugin Hugo yaitu http.hugo.

Langkah selanjutnya sama persis dengan tutorial sebelumnya, hanya saja, kita perlu menginstall Hugo terlebih dahulu, dengan cara:

sudo apt install hugo

Setelah itu kita tinggal menambahkan Caddyfile yang ada di “/etc/caddy” dengan baris perintah sebagai berikut:

google.kapuas.top {
        root /var/www/google.kapuas.top/public
		hugo /var/www/google.kapuas.top /admin
        log /var/log/caddy/google.kapuas.top.log
        errors /var/log/caddy/errors.log
        tls user@email.com
        gzip
}

Semua file blog kita yang berbasis Hugo kita taruh di folder “/var/www/google.kapuas.top”. Untuk memanggil fitur File Explorer yang merupakan alat bantu dalam memanage blog berbasis Hugo pun sangat mudah, kita tinggal memanggil URL berikut:

https://google.kapuas.top/admin

Anda akan diminta memasukkan username : admin dan password : admin. Selanjutnya silahkan dicoba sendiri ya.

File Explorer Hugo

Dengan fitur File Explorer, kita bisa mengetik postingan berbasis MarkDown dan kemudian melakukan proses publish dengan menggunakan Hugo sebagai medianya.

Silahkan dicoba ya…


Dengan metode seperti ini, kita bisa membuat server minimalis yang hanya kita install dengan web server saja + Hugo sebagai SSG (Static Site Generator). Dan Caddy Web Server menjadi pilihan saya, karena Caddy Web Server memiliki fitur SSL otomatis dan memiliki plugin yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Dan plugin Hugo bisa kita manfaatkan untuk membuat blog berbasis file text biasa.