Blogging Menggunakan Jekyll

  • July 3, 2018
  • Kurnia Ramadhan
  • blog

Ah, akhirnya kelar juga blog saya ini. Blog ini sekarang tidak menggunakan Wordpress lagi sebagai engine nya. Kali ini saya menggunakan Jekyll sebagai engine nya. Engine Jekyll membuat saya mampu membuat blog dengan hanya text biasa. Sangat ringan dan sangat cepat untuk diakses, untuk load, percobaan teman hanya membutuhkan waktu di bawah 2 detik, kenceng banget kan, bagaimana tidak hasil compile engine dari Jekyll hanya berupa file html berikut file gambar.

Dan sepertinya saya kok jadi betah berlama-lama bersama Jekyll, alhasil, semua artikel yang pernah saya buat di Wordpress saya konversi ke format Markdown agar bisa di compile Jekyll menjadi file html. Dan kerennya, saya bisa blogging dan menulis artikel via terminal console langsung di server.

Proses instalasi Jekyll pun gak susah dan juga gak mudah, nah loh bingung kan, ya saya sendiri butuh waktu 2 hari untuk sedikit ngeh dengan cara kerja dari engine Jekyll, tapi kalo udah mulai ngeh maka jaminan deh kita akan dibuatnya ketagihan untuk ngoprek engine ini. Saya coba jelaskan sedikit proses instalasinya dan bagaimana cara menggunakannya.

Instalasi Jekyll di Ubuntu Linux

sudo apt install ruby ruby-dev build-essential

Langkah pertama adalah melakukan instalasi Ruby Gems yang merupakan compiler dari bahasa pemprograman Ruby. Jangan tanya Ruby ke saya saya, karena saya juga gak tahu hehehe.

echo '# Install Ruby Gems to ~/gems' >> ~/.bashrc
echo 'export GEM_HOME=$HOME/gems' >> ~/.bashrc
echo 'export PATH=$HOME/gems/bin:$PATH' >> ~/.bashrc
source ~/.bashrc

Dan yang terakhir adalah instalasi Jekyll :

gem install jekyll bundler

Done, sekarang kita sudah bisa menggunakan Jekyll sebagai engine blogging kita.

Menggunakan Jekyll

Ada dua perintah dasar untuk membuat direktori blog kita adan untuk melakukan compile terhadap file-file Markdown yang sudah kita buat menjadi file html. Perintah tersebut adalah:

jekyll new domainkita

Sedangkan untuk melakukan proses compile menggunakan perintah berikut:

bundle exec jekyll build

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah memindahkan semua file html hasil compile Engine Jekyll yang ada dalam folder _site ke dalam folder direktori website kita.

Intinya butuh kesabaran lebih untuk bersukacita bersama Jekyll.