Setting UFW Di Linux

  • June 21, 2018
  • Kurnia Ramadhan
  • Linux

Sesuai dengan namanya, UFW – Uncomplicated Firewall adalah sebuah aplikasi untuk mempermudah kita dalam melakukan konfigurasi Firewall yang pada umumnya menggunakan IPTABLES sebagai toolsnya. Saya sendiri kalo disuruh ngoprek langsung IPTABLES, maka saya langsung akan menjawab ogah ah hehehe, karena memang cukup sulit dan saya gak ngerti dan gak mau ribet untuk mengerti hehehe.

UFW

Nah untuk itu, biasanya untuk mengamankan server saya menggunakan fitur Firewall dari provider atau menggunakan tools Firewall dari OS yang kita gunakan. Nah karena saya menggunakan Ubuntu, maka saya menggunakan UFW sebagai tools Firewall untuk server saya.

Sebelum kita mulai, mari kita coba cek status dari UFW, apakah sudah aktif atau belum, dengan cara:

ufw status verbose

kalo belum aktif, maka kita akan mengaktifkan UFW, dengan cara:

ufw enable

Secara default, UFW akan memblokir / deny semua aliran data yang masuk ke server, nah pada contoh kali ini saya akan membuka 3 port penting saja, yaitu port: 22, 80, dan 443, ketiga port tersebut akan saya gunakan untuk akses SSH (22), akses Web (80), akses Web SSL (443). Maka untuk membuka ketiga port tersebut dapat kita lakukan dengan cara:

ufw allow ssh
ufw allow http
ufw allow https

Selesai deh, silahkan dicek status UFW untuk melihat apakah port-port yang kita inginkan sudah berhasil dibuka atau belum. Sebenernya masih banyak contoh lainnya terkait UFW, namun biar gak ribet, sesuai dengan tujuannya “*Uncomplicated Firewall*” maka cukup ini saja yang kita bahas ya hehehe.