HTTPD Virtualhost di OpenBSD

  • June 14, 2018
  • Kurnia Ramadhan
  • bsd

Assalammualaikum teman-teman semua, hari ini adalah hari ke 29 di bulan Ramadhan, Insya Allah ntar malem sudah malam takbiran, saya sendiri di rumah sudah mulai masak nih, barusan kelar bikin Sambel Godok, Ketupat dan Semur, sementara istri saya juga sudah menyelesaikan kerjaan bikin kue lapis legit … Alhamdulillah 🙂

Nah, ngisi waktu menjelang berbuka, saya sempetin bikin lanjutan tulisan saya sebelumnya dengan judul HTTPD, PHP dan MariaDB di OpenBSD. Tema kali ini adalah tentang membuat Virtualhost di HTTPD OpenBSD, caranya mudah sekali kok, dan file konfigurasi yang di edit pun hanya satu saja, jadi simpel banget, oh ya tambahan membuat direktori khusus untuk menaruh file-file web untuk Virtualhost yang kita buat.

Edit - “/etc/httpd.conf”

Langkah pertama adalah dengan melakukan editing file “/etc/httpd.conf”, dan mari kita coba membuat satu buah Virtualhost di dalamnya dengan menambahkan konfigurasi berikut ini.

ext_if="egress"
types { include "/usr/share/misc/mime.types" }

server "mybsd.karangan.id" {
   listen on $ext_if tls port 443
   directory {index "index.php" }
   root { "/htdocs/mybsd.karangan.id" }
   location "/*.php*" {
      fastcgi socket "/run/php-fpm.sock"
   }
}

Ceritanya, saya akan membuat sebuah Virtualhost dengan alamat “mybsd.karangan.id”, maka saya tinggal masukkan konfigurasi di atas ke dalam file “/etc/httpd.conf” saya. Dan juga saya harus membuat Root Directory dari Virtualhost saya ini, di sini lokasi direktori relatif adalah di “/htdocs/mybsd.karangan.id”, sehingga semua file web saya akan berada di direktori tersebut.

Oh ya, jangan lupa untuk mengubah kepemilikan dari direktori dan semua file yang ada dalam folder tersebut di atas dengan cara:

cd /var/www/htdocs
chown -R www:www mybsd.karangan.id

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan restart service httpd di server kita dengan cara:

rcctl restart httpd

Done, silahkan di oprek-oprek sendiri selanjutnya ya, panduannya bisa dengan melihat manual di OpenBSD ya. Insya Allah di artikel selanjutnya saya akan menuliskan panduan untuk menerapkan SSL Letsencrypt di semua Website yang kita miliki, ditunggu ya.