Backup Data Dengan Always Sync

  • April 12, 2018
  • Kurnia Ramadhan
  • windows

Alhamdulillah, akhirnya MicroSD pesanan saya sampai juga kemarin. Saya order MicroSD Class 10 Turbo V-Gen dengan kapasitas 32 GB sebagai backup data saya biar gak menuhin Harddisk SSD yang ada di Laptop saya yang kapasitasnya hanya 128 GB.

Alwaysync

Dan kemarin saya muter-muter di Google untuk mencari aplikasi di Windows yang bisa melakukan backup dengan mudah semua data saya, sehingga saya gak perlu susah-susah copy dan paste satu-satu file yang ada di Harddisk saya ke media Backup eksternal selain Google Drive yang menjadi media backup utama saya.

Akhirnya saya menemukan software gratis bernama Allway Sync, dan Alhamdulillah memenuhi kriteria saya, selain ringan, aplikasi ini mampu melakukan Backup Data dengan sangat mudah. Aplikasi ini mampu mensinkronisasi data, baik itu file maupun folder, dan akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah file ataupun folder di media backup tujuan sudah ada apa belum, apakah ada perubahan ukuran atau tidak, untuk kemudian memilah file dan folder mana saja yang akan di sinkronisasi secara otomatis, sehingga apapun data yang ada di drive utama akan sama dengan atau tersinkronisasi dengan data yang ada di media backup, ya mirip Google Drive cara kerjanya, hanya saja ini dilakukan antar media penyimpanan secara offline.